Sabtu, 03 Mei 2008

CARA SEDERHANA MEMPUNYAI TUBUH YANG LANGSING

Remaja yang takut gemuk ternyata tak perlu repot-repot berdiet. Banyak remaja yang malah menyiksa dirinya dengan mengurangi porsi makan, menghindari makanan berlemak, olahraga berlebihan, bahkan ada yang tidak makan sama sekali. Sebenarnya hanya dengan sarapan pagi secara teratur sebelum beraktivitas sehari-hari akan membuat badan kita akan tetap langsing. Kok bisa? Hmm.. remaja yang rutin sarapan ternyata lebih bias mengontrol berat badan dibandingkan yang tidak sarapan pagi.

Menurut Mark Pereira dari University Minnesota School of Public Health, remaja yang rutin sarapan pagi biasanya mudah mengontrol nafsu makannya sepanjang hari. Dengan sarapan pagi, saat makan siang dan malam jumlah yang dikonsumsi tidak terlalu banyak. Sarapan pagi juga membuat tubuh lebih segar dan aktif saat melakukan kegiatan karena energi yang diserap langsung disalurkan ke tubuh.

Dengan adanya makanan yang mengisi perut sejak pagi, saat siang hari perut tidak terlalu kosong sehingga hanya butuh makan secukupnya. Begitu juga dengan malam hari, jumlah makanan yang dikonsumsi tidak berlebihan.

Berbeda dengan remaja yang selalu melewatkan sarapan pagi. Karena tak ada makanan yang diolah, mereka tak punya cukup energi untuk beraktivitas sehingga terlihat lemas dan kurang bergairah. Begitu siang tiba dan aktivitas makin tinggi, perut mereka akan semakin kelaparan. Akibatnya, porsi makan yang dikonsumsi pun lebih besar. Padahal jumlah makanan yang masuk ke dalam perut secara berlebihan mempersulit pencernaan mengolahnya menjadi energi.

Bukan itu saja, makanan yang berlebihan bisa menimbun di dalam tubuh karena tidak tersalurkan sebagai energi secara merata. Apalagi saat makan malam, porsi yang disantap semakin banyak. Ujung-ujungnya sih tidak hanya tubuh gemuk yang didapat, tapi juga tubuh yang kurang sehat sehingga rawan mengalami penyakit yang namanya obesitas.

Nah…. Apakah kamu masih ingin untuk melewatkan sarapan pagimu begitu aja?

1 komentar:

GoNDheZ mengatakan...

wah boleh di coba tuh.. ada saran yang lain gak? hehe